Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Senin, 04 Februari 2013

Manfaat dari konservasi komodo

          Berdasarkan pengamatan dari tahun 1996 sampai sekarang, pertumbuhan pariwisata di wilayah Flores Barat, Manggarai sangat menarik dan mungkin satu-satunya wilayah tingkat kabupaten yang pertumbuhan pariwisatanya sangat signifikan. Itu mungkin juga karena berada dalam satu lintas dan berdekatan dengan Bali sehingga membuat pertumbuhannya menarik. Seandainya tidak ada komodo maka agak sulit untuk mempromosikan Flores lebih menarik dibandingkan, misalnya, Sulawesi Selatan dan Menado atau daerah-daerah lainnya. Kalau bicara mengenai hutan dan budaya maka setiap wilayah selalu memliki daya tarik kebudayaannya sendiri. Tapi kalau kita bicara komodo maka tidak ada unsur pembanding lain selain di wilayahnya sendiri. Artinya, sangat khas dan khusus, tidak bisa ditemukan di tempat lain.

         Wilayah di sekitar Manggarai Barat dulu kabarnya menjadi pusat pariwisata bukan hanya karena ada Taman Nasional Komodo, tetapi di sekitar daerah itu juga memiliki aset-aset pariwisata yang cukup kaya.

          Ternyata selain menjadi tempat untuk komodo, wilayah itu juga untuk tempat bertelurnya ikan-ikan yang berkembang di wilayah Indonesia Timur karena hampir tidak ada ombak dan gelombang di wilayah itu. Jadi wilayah itu seperti sebuah danau besar. Diantara air laut ada pulau-pulau kecil sehingga banyak ikan-ikan yang memilih bertelur di situ. Lalu mengenai kehadiran pulau-pulau di wilayah itu, dari pesawat kita bisa melihat dengan jelas ada pulau yang hancur, tapi pada saat bersamaan akan terbentuk pulau kecil di sebelahnya. Kita sulit menemukan proses alami pembentukan dan penghancuran pulau seperti yang terjadi di wilayah itu.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Wow,
bagus gung

Agung Setyo Budi mengatakan...

Iyo Le
tapi ojok songong

Posting Komentar